Jumat, 30 Maret 2012

Macam - Macam Protokol Jaringan

a)      http
HTTP adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, protocol yang mendasari oleh World Wide Web. Dalam pengertian HTTP menetapkan bagaimana pesan di format dan di transmisikan dan apa tindakan dari web server dan browser  sebagai respon pada berbagai perintah. Oleh karena protocol adalah seperangkat aturan dan prosedur untuk komunikasi pada jaringan dan juga HTTP adalah sebuah protocol, maka HTTP di dalam dirinya sendiri adalah seperangkat aturan dan prosedur yang di gunakan untuk berkomunikasi melalui World Wide Web.  Protocol HTTP dibawa aplikasi layer (layer 5) dari model TCP/IP. Cara kerja dari protocol ini adalah klien membuat permintaan ke protocol HTTP selanjutnya HTTP memberi tanggapan permintaan ini. Klien membuat permintaan ke web server di sebut agen pengguna. Khas klien adalah web browser, mesin pencari dll. Contohnya protocol ini adalah http://blogger.com.
a)      https
http secure adalah versi aman dari HTTP, protocol komunikasi dari World Wide Web. Fungsi dari https ini adalah menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protocol  SSL (Secure Socket Layer) atau protocol TLS (Transport Layer Security). Kedua protocol tersebut memberikan perlindungan memadai dari serangan orang yang tidak memiliki kepentingan / cracker. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.contohnya https://mail.google.com.
a)      ftp
ftp (File Transfer Protokol) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. ftp biasanya menggunakan dua buah port yaitu port 20 dan 21 yang berjalan exclusively mealui TCP. FTP server Listen pada port 21 untuk incoming connection dari FTP client. Biasanya port 21 untuk command port dan port 20 untuk data port. Pada FTP server, terdapat 2 mode koneksi yaitu aktif mode dan pasif mode.contohnya ftp://ftp.ub.ac.id .
a)      Tftp
     TFTP (Trivial File Transfer Protocol) Adalah protokol sederhana untuk mentransfer file. Protokol ini telah di implementasikan dalam User Datagram Protocol (UDP) yang digunakan untuk melakukan booting komputer seperti halnya router jaringan komputer yang tidak memiliki perangkat penyimpanan data. Protokol ini kini masih digunakan untuk mentransfer berkas-berkas kecil antar host di dalam sebuah jaringan, seperti halnya ketika terminal jarak jauh thin client lainnya melakukan proses booting dari sebuah host jaringan atau server.

Protokol ini kini masih digunakan untuk mentransfer berkas-berkas kecil antar host di dalam sebuah jaringan, seperti halnya ketika terminal jarak jauh TFTP client lainnya melakukan proses booting dari sebuah host jaringan atau server.
  Ntp
Network Time Protocol (NTP) merupakan sebuah mekanisme atau protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem komputer dan jaringan. Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data biasa yang hanya melakukan pertukaran paket-paket data saja.NTP menggunakan port komunikasi UDP nomor 123. Protokol ini memang didesain untuk dapat bekerja dengan baik meskipun media komunikasinya bervariasi, mulai dari yang waktu latensinya tinggi hingga yang rendah, mulai dari media kabel sampai dengan media udara
  rtsp
Real Time streaming Protocol atau RTSP adalah sebuah protokol di level aplikasi untuk membangun dan mengontrol pengiriman data dengan real-time. RTSP menyediakan framework yang extensible untuk bisa dikontrol. dalam permintaan pengiriman data yang real time, seperti audio dan video. sumber data dapat diikutsertakan keduanya, live data feeds dan stored clips. Protokol ini diarahkan untuk mengontrol session pengiriman data yang banyak, menyediakan pilihan channel pengiriman seperti UDP, multicast UDP dan TCP, dan menyediakan pilihan mekanisme pengiriman berdasarkan RTP sebelumnya (RFC 3550)

RTSP 2.0 adalah protocol pada level aplikasi yang digunakan untuk membangun dan mengontrol seluruh pengiriman data dengan real-time, dengan tipikal media streaming. Secara sederhana, RTSP bertindak sebagai sebuah ‘remote contol jaringan’ untuk server multimedia, mirip seperti remote control untuk DVD player. Protokol ini beroprasi diantara client dan server RTSP 2.0, tapi juga mendukung pengunaan dari penempatan proxy diantara client dan server.
Client dapat meminta informasi tentang streaming media dari server dengan meminta deskripsi dari media tersebut atau menggunakan deskripsi media yang disediakan di luar. Protokol pengiriman media digunakan untuk menyeimbangkan stream media yang dijelaskan oleh deskripsi media. Client dapat meminta untuk memainkan media, melakukan pause, atau menghentikannya, seperti yang diketahui dari remote control DVD player atau media player lainnya. Media yang diminta dapat terdiri dari banyak stream audio dan video yang mana dikirim sebagai stream dengan waktu tersinkronisasi dari server ke client. 


1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus