Selasa, 16 Oktober 2012

Teknologi Masa Depan Interaksi Manusia dan Komputer


1.      Tiga contoh teknologi masa depan interaksi manusia dan komputer.

a.      Main game dengan control gerakan mata
Dengan teknologi eye-tracking main game dengan kontrol gerakan mata sudah bisa dilakukan sekarang. Tobii , perusahaan yang mengembangkan teknologi ini telah meyatakan bahwa teknologi ini lebih responsive dan bisa di gunakan banyak perangkat seperti laptop , handphone dan perangkat game.
Tobii memanfaatkan dua proyektor infrared untuk menerangi pupil mata user serta dua kamera kecil untuk merekam gerakan mata.  Data ini selanjutnya diteruskan ke prosesor komputer, mengeluarkan data berupa posisi mata, ukuran pupil dan tatapan si pengguna yang kemudian diterjemahkan sebagai kontrol gerakan.
Dengan interaksi manusia dan computer dengan cara ini mungkin lebih memberikan sebuah pengalaman baru bagi user dan sebuah tantangan sendiri dalam mengontrol mata untuk memainkan sebuah game.
b.      Rolltop (rollen laptop / laptop gulung)

Ini adalah sebuah konsep laptop portable yang di impikan oleh semua manusia. Dengan bentuk yang elegan dan fungsi yang tidak kalah dengan laptop konvensional secara umumnya. Ini merupakan salah satu bentuk kreativitas dalam interaksi manusia dan computer yang diinginkan di masa depan.

Dengan teknologi yang canggih roll top ini mengunakan layar yang bisa di gulung layaknya sebuah kertas. Seperti laptop umumnya , rolltop juga dilengkapi dengan loudspeaker,webcam,USB port dan lain lain.

c.       Layar sentuh (glass touchscreen interfaces)

Di zaman sekarang layar sentuh sudah biasa di gunakan di smartphone, tablet pc dan lain lain. Tetapi masa depan layar sentuh akan menjadi luas lagi seperti konsep dari corning (perusahaan layar sentuh) yang akan menggunakan aktivitas sehari-hari menggunakan layar sentuh ini . seperti di sekolah, dirumah, rumah sakit dll.

Layar sentuh masa depan ini di gunakan dalam aktivitas seperti menelepon dari ponsel tipis kaca, mengatur suhu mobil menggunakan komputer yang berlayar datar super tipis dari kaca, atau membaca majalah digital melalui tablet kaca.

0 komentar:

Poskan Komentar