Kamis, 20 Juni 2013

Membuat DNS Server di Centos

Sekarang saya mau share untuk membuat sebuah DNS server menggunakan Centos, dalam tulisan ini saya memakai Centos 6.3 virtual machine ..cekiprroooot bray..
Untuk membuat sebuah DNS server di butuhkan sebuah aplikasi yang bernama Berkeley Internet Name Domain (BIND). Aplikasi tersebut yang nantinya akan menentukan ip address ke nama domain yang biasa kita gunakan seperti www.google.com. Jika BIND belum terinstall di sistem operasi kita, maka kita bisa menuliskan syntax dhclient eth0 untuk memperoleh IpAddress. Kemudian baru install bind dengan syntax yum install bind. Selain BIND aplikasi yang diggunakan adalah Webmin, aplikasi ini digunakan untuk membuat zone yang akan ditentukan oleh DNS server yang kita buat. Webmin nantinya akan men-generate zone yang kita buat dengan tampilan GUI, tapi sebenarnya kita bisa langsung membuat secara manual konfigurasi DNS server yang berada di /etc/named/named.conf. Untuk langkah awal dalam pembuatan DNS server kita harus membuat ip static di virtual OS yang akan di jadikan server DNS. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Edit konfigurasi file /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth1 (interface dan IP Address tergantung pada komputer temen-temen), edit file  tersebut menjadi seperti gambar di bawah ini 
  • Untuk IP address terserah temen-temen, dan jangan lupa tambahkan DNS1 = “IP address temen2”. Kalo sudah mari kita edit file /etc/resolv.conf menjadi seperti gambar dibawah ini :

  • Untuk name server yang otomatis dibuat oleh resolv.conf kita jadikan komentar terlebih dahulu dan kita ganti dengan ip address yang nantinya di jadikan server DNS. Ini bertujuan untuk memberikan perintah bahwa untuk meresolve sebuah domain menjadi ip address ke komputer server DNS yang kita buat. Selanjutnya kita restart network kita yang sudah di edit tad dengan perintah /etc/init.d/network restart.

  • Dan seharusnya tidak ada error pada saat merestart network kita , kalo terjadi kesalahan maka silahkan cek konfigurasi pada ifcfg-eth1 yang kita edit tadi.  Dan jika semua sudah benar, selanjutnya adalah merubah file /etc/hosts ,kita tambahkan nama domain dan nama komputer server kita.

  • Nah selanjutnya kita membuat zone yang berfungsi untuk mendifinisikan resolving terhadap domain yang akan kita buat. Saya anggap temen-temen sudah menginstall paket bind. Dan mari kita edit konfigurasi sebuah file di /etc/named.conf.

  • Ok pada gambar di atas kita tambahkan ip address kita yng dijadikan sebuah DNS server di samping ip address localhost (lihat bagian atas baris listen-on port 53) dan kita tambahkan zone domain yang akan kita buat seperti gambar saya membuat sebuah zone cobadns.com. silahkan temen-temen isikan sesuai dengan kebutuhan temen-temen kalo sudah selesai kita save.Nah sekarang kita buat file cobadns.com.hosts di /var/named/. Nah inget nama file ini harus sama dengan nama file yang kita panggil pada named.conf yang baru saja kita buat. Isi file seperti gambar dibawah ini.

  • Sebenarnya isi dari  cobadns.com.host sudah degenerated secara otomatis oleh webmin. maka dari itu kita bisa menggunakan webmin untuk membuat cobadns.com.host. jika menggunakan cara manual silahkan tulis sendiri konfigurasi di atas. jika sudah semua kemudian di simpan. Nah kita restart bind kita dengan perintah service named restart.

  • jika sudah tidak ada error mari kita uji dns server yang telah kita buat. Caranya ketikkan perintah nslookup cobadns.com

Untuk cara menggunakan webmin dalam pembuatan zone silahkan cari sendiri di tante google. buat yang masih bingung silahkan berkomentar....
smoga bermanfaat


0 komentar:

Poskan Komentar