Selasa, 13 Maret 2012

Protokol



Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalanya mengirimkan pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus di penuhi oleh pengirim (transmitter)dan penerima (receiver) agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar. selain itu, protokol berfungsi agar komputer yang berada dalam jaringan komunikasi dengan bahasa yang sama. hal-hal yang harus di perhatikan dalam protokol adalah :

1. Syntax
merupakan format data dan cara pengkodean yang di gunakan dalam pengodean sinyal
2. Semantic
Digunakan untuk mengetahui maksud informasi yang dikirim dan membetulkan kesalahan yang terjadi
dari informasi tersebut.
3. Timing
Digunakan untuk mengetahui kecepatang transmisi data.


  • Fungsi Protokol


Secara umum, fungsi protokol adalah menghubungkan pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan akurat. fungsi protokol secara detail adalah sebagai berikut :

1. Fragmentasi dan Reassembly
Fragmentasi adalah membagi informasi yang dikirim menjadi bebrapa paket data. proses ini terjadi di sisi pengirim informasi. reassembly adalah proses menggabungkan lagi paket-paket tersebut menjadi satu paket lengkap. proses ini terjadi di sisi penerima informasi.

2.Encapsulation
fungsi dari encapsulation adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi dan lain lain.

3.Connection Control
fungsi dari connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter ke receiver termasuk dalam pengiriman data dan mengakhiri hubungan.

4.Flow Control
Flow Control berfungsi mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver.

5.Error Control
pengiriman data tidak terlepas dari kesalahan, baik dalam proses pengiriman maupun penerimaan. Fungsi error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data di kirimkan.

6. Transmission Service
Fungsi Transmission service adalah memberi pelayanan komunikasi data khusunya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.

Protokol yang di pakai untuk jaringan LAN adalah protokol ethernet,Token Ring,FDDI dan ATM.


sumber : jaringan komputer , anjik sukmaaji & rianto

0 komentar:

Posting Komentar