Senin, 12 Maret 2012

Topologi Bus , Star dan Ring

Topologi BUS

topologi bus adalah topologi yang umum dalam LAN. topologi ini menghubungkan komputer secara berantai (daishy chain) menggunakan perantara kabel tunggal jenis koaksial. ujun-ujung kabel koaksial harus di tutup dengan tahanan (termination resistor) untuk menghindari pantulan yang dapat menimbulkan gangguan dan menyebabkan kerusakan jaringan. konektor yang di gunakan untuk menghubungkan kabel dan komputer adalah konektor BNC.pada setiap adapter (LAN card) di pasang konektor BNC tipe T bercabang. kabel koaksial dihubungkan satu dengan yang lainya dengan konektor BNC. topologi ini mudah di pasang dan murah, tetapi bila terjadi kerusakan terhadap salah satu komputer, komputer lainya memungkinkan akan terganggu. kecepatan yang bisa di capai hanya sampai dengan 10 Mbps.

Topologi Star

Terminal pusat dalam star bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data. semua kontrol dalam topologi star di pusatkan dalam satu titik yang di namakan primary station dan terminal lain sebagai secondary station. satu titik yang di maksudkan dalam hal ini adalah suatu perangkat jaringan yang dinamakan HUB/SWITCH. Hub/Switch berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dari komputer dan meneruskannya ke semua komputer yang berhubungan dengan hub/switch tersebut. jaringan dengan topologi ini lebih mahal dan lebih sulit untuk pemasangannya. kabel yang di gunakan adalah kabel UTP kategori 5, 5e atau kategori 6.

Topologi Ring

Topologi ring hampir sama dengan topologi BUS, perbedaanya adalah ujung dari topologi ini di hubungkan dengan ujung yang lain hingga menyerupai lingkaran. topologi ring diperkenalkan oleh IBM untuk mendukung protokol token ring yang di ciptakan IBM.

0 komentar:

Poskan Komentar