Jumat, 23 Maret 2012

Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer 10 Tahun Terakhir

1.     ·         Mikroprosessor
Mikrorosesor
Sebuah mikroprosesor (disingkat µP atau uP) adalah sebuah central processing unit (CPU) elektronik komputer yang terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya di atas sebuah sirkuit terintegrasi semikonduktor. 
Tahun 2000-an Perkembangan mikroprosesor semakin pesat dengan keluarnya Pentium 4 dan AMD Athlon yang clockspeed nya mencapai 3,73 GHz. Pada tahun ini juga system operasi  yang membuat interaksi manusia dan computer menjadi lebih mudah dengan keluarnya Windows 2000 sebagai penerus dari windows NT. Dan pada tahun ini juga windows meluncurkan windows ME sebagai versi terakhir windows 95.

 ·         Prosessor Multicore
multicore
Tahun 2004 pekembangan interaksi manusia terhadap computer berkembang pada internet khususnya di jejaring social seperti friensdter. Pekembangan juga terdapat di bidang prosessor yaitu beralihnya teknologi micrometer menjadi nanometer dan juga bertambahnya inti pada prosessor yang di sebut multicore.







 ·         Digital book
digital book
Tahun 2007 mulai berkembangnya trend ebook yang mayoritas lebih banyak didapatkan di internet dan ini menjadi tanda berkembangnya dunia internet di seluruh dunia.








·         SmartPhone dan Social Networking
Tahun 2009 merupakan era pertumbuhan smartphone. Smartphone merupakan telepon selular canggih yang memiliki fitur menyerupai computer. Pada tahun ini juga merupakan tahun dari jejaring social yang bernama facebook. Dengan munculnya jejaring ini pertumbuhan pengaksesan internet di dunia berkembang pesat.





 ·         Tablet PC dan Direct Manipulation (Touchscreen)        
Tahun 2010 merupakan era teknologi tablet. Dengan keluarnya produk dari perusahaan teknologi aple (ipad) maka teknologi ini berkembang dengan pesat. Pertumbuhan smartphone pun juga mengalami pertumbuhan. Paradigma pada tahun ini interaksi manusia dan computer lebih banyak menggunakan teknologi layar sentuh. Tahun ini juga merupakan perkembangan system operasi android yang bersifat open source dan menjadi rival system operasi iOS (aple) dan BlackBerry OS (RIM).


 ·         Inovation of operating System (OS)
Tahun 2011 tidak jauh berbeda dengan tahun 2010 yang mengusung tablet menjadi primadona dalam teknologi computer. Pada tahun 2011 banyak inovasi-inovasi dalam computer tablet yaitu peningkatan dalam prosessor,RAM dan storage. Dan system operasi yang menupgrade semua versi sebelunya.




 ·         Computer Hybrid dan digital assistant
Tahun 2012 merupakan pertumbuhan teknologi sangat pesat, terutama dalam hal system operasi dan tablet. Pada tahun ini diprediksi akan menjadi tahun dari ultrabook. Ultrabook merupakan sebuah laptop yang memiliki kenyamanan mobilitas seperti tablet dan memiliki kinerja yang sangat powerfull. Pada tahun 2012 juga terdapat pertumbuhan sebuah teknologi baru yaitu voice control yang terdapat pada iphone 4S. dalam hal penyimpanan tahun 2012 mengalami perkembangan yaitu penggunaan SSD (solid-state drives) yang memiliki kecepatan lebih dari HDD.


2 komentar: